Minggu, 11 September 2011

Bhinneka vs AnugrahPratama

Pertama-tama saya mohon maaf apabila ada kata-kata dalam tulisan ini yang menyinggung. Saya tidak bermaksud untuk menjatuhkan seseorang ataupun pihak tertentu. Segala keluhan yang saya tulis disini tidak jauh hanyalah ingin memberikan masukan guna membangun suatu website yang lebih baik.
1. www.bhinneka.com Pada kesempatan ini saya akan melakukan perjalanan ke salah satu website e-commerce yang terkenal di Indonesia terutama di bidang penjualan barang-barang elektronik yaitu Bhinneka.

www.bhinneka.com



Menurut saya website ini terdapat beberapa kelemahan yaitu:
1. Tata Letak Produk pada halaman awal
Begitu masuk pada halaman awal, saya melakukan scroll down ke bawah untuk melihat halaman secara keseluruhan. Pada bagian bawah peletakan produk jika dilihat sekilas seakan sangat tidak menarik, hal ini di karenakan tata letak produk yang kesan nya berantakan dan tidak sesuai dengan kategori maupun kelompoknya. Hal ini malah kelihatannya mengurangi daya tarik.

Peletakan produk

2. Kesalahan Link
Kesalahan peletakan link pada web sekelas ini ada salah satu kesalahan fatal. Saya tidak tau ini kesalahan yang tidak disengaja atau merupakan salah satu bentuk promosi ke produk lain. Pada mulanya saya berniat untuk melihat produk printer dengan merk HP. Maka dari itu pada tab saya memilih Large Printer dan kemudian Large Printer HP (diakses pada tanggal 11 September 2011).
Pemilihan Printer HP
Namun setelah saya mengklik merk HP saya malah dibawa ke halaman kategori!!! Berbeda dengan apa yang ingin saya cari. Padahal pada weblink nya tertuju:
Link Large Printer HP
Halaman Pencarian Kategori


Dimana ada kesalahan pasti terpendam segala kelebihan lainnya. Selain dari yang saya bahas di atas (yang sementara ini saya temukan), terdapat juga beberapa kelebihan yang membuat saya kagum dan patut mengacungkan jempol kepada pihak pengelola Bhinneka. Beberapa kelebihan yang sangat luar biasa diantaranya adalah:
1. Bantuan yang lengkap
Menurut saya pihak Bhinneka memberikan bantuan yang cukup lengkap dan detail kepada pengunjung sehingga pengunjung yang pertama kali masuk ke dalam website tersebut mengerti tata cara pembelanjaan dan penjualan pada website ini.
Bantuan dan Tata Cara yang disediakan
2. Gambar dan Rincian Produk yang detail
Produk yang dijual disini selain lengkap, tiap produk diberikan gambar dan rincian (overview) yang lengkap sehingga calon pembeli bisa mengetahui spesifikasi dan bentuk dari produk yang diinginkannya. Hal ini memberikan daya tarik tersendiri bagi calon pembeli untuk membeli produk tersebut.
Gambar dan Rincian Produk

3. Tawar Online
Salah satu yang paling menarik dari website ini adalah adanya fasilitas Tawar Online yang baru dan jarang bahkan belum pernah saya temui di website lain. Biasa nya fasilitas yang diberikan pada website sejenisnya adalah chatting yang merupakan penawaran tidak resmi dan kadang jarang digunakan. Walaupun saya belum mencoba fasilitas Tawar Online ini, akan tetapi ini terdengar sangat menarik untuk dicoba!!!
Fitur yang diberikan

2. AnugrahPratama.com
Website e-commerce lain yang tidak kalah terkenal dibanding bhinneka adalah website AnugrahPratama. Ketika saya mempunyai keinginan untuk membeli komputer. Saya akan mencoba mencari toko penjualan komputer online melalui Google. Ketika masuk kedalam website google yang diberikan kata kunci "penjualan komputer online", maka pada hasil pencarian kedua berada pada AnugrahPratama sedangkan pada urutan ketiga adalah bhinneka (urutan pertama dimiliki Toko Bagus). Hal ini menjadi kelebihan tersendiri untuk website penjualan. Banyak website bersaing untuk menempatkan posisi teratas dalam hasil mesin pencari raksasa yaitu Google. Walau begitu, saya rasa AnugrahPratama kalah dalam sisi fitur yang di berikan dibandingkan bhinneka. Dan juga dari sisi tampilan dan penjelasan, Website anugrah lebih sederhana di bandingkan bhinneka. Saya tidak yakin ini merupakan kelebihan atau kekurangan dari website ini. Hal ini di karenakan dalam sisi tampilan ini tergantung pada pandangan masing-masing pengunjung. Tidak banyak yang bisa saya bahas dalam anugrahpratama karena website ini sangat dan lebih sederhana daripada bhinneka. Fitur yang diberikan website ini adalah : adanya blog dan forum yang diisi dengan info dan tanya jawab seputar teknologi, terdapat informasi Promotion yang memberikan info kesempatan untuk memperoleh barang dengan harga murah dan promosi-promosi yang diberikan oleh suatu perusahaan tertentu.
Fitur promosi
Terlepas dari apa yang saya tulis di atas, masih banyak lagi fasilitas, fitur, keunikan dari website yang belum saya ketahui. Tapi dari tulisan di atas dapat diambil hikmahnya untuk membangun suatu website e-commerce yang baik. Semoga tulisan di atas dapat membantu memberikan kita inspirasi untuk menjadi yang lebih baik. Salam sukses!

4 komentar: