Sabtu, 28 Januari 2012

Bluetooth vs Ultra Wideband (UWB)

Teknologi wireless / tanpa kabel sekarang ini telah berkembang pesat. Banyak perusahaan yang telah berfokus dengan teknologi wireless ini. Mereka berusaha mengembangkan jaringan wireless yang baik maupun cepat dalam pemindahan datanya. Bluetooth maupun Ultra Wideband (UWB) merupakan jaringan yang termasuk jenis wireless (wireless connection). Berikut saya akan mencoba menjabarkannya beserta kelebihan dan kekurangan masing-masing jaringan tersebut secara singkat.
Bluetooth dan UWB


  1. Bluetooth
Sebelum memulai ada baik nya Anda untuk menyimak video tentang cara kerja bluetooth sebelumnya:

  
Bluetooth adalah teknologi tanpa kabel yang dirancang biasanya untuk berkomunikasi dengan jarak yang cukup pendek yaitu 10meter. Bluetooth memiliki frekuensi 2,4 Ghz dengan kecepatan sampai dengan 722 Kbps. Dalam wikipedia menjelaskan:
Bluetooth adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan. Spesifiksi dari peralatan Bluetooth ini dikembangkan dan didistribusikan oleh kelompok Bluetooth Special Interest Group. Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 Ghz dengan menggunakan sebuah frequency hopping traceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host-host bluetooth dengan jarak terbatas
 Bluetooth sekarang ini banyak diterapkan dalam banyak teknologi yang sering kita gunakan seperti komputer, mobile phone, remote dan lain sebagainya.
Adapun kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh bluetooth diantaranya adalah:
  1. Penerapan teknologi bluetooth relatif lebih murah dan biaya transfer/pertukaran data melalui bluetooth gratis.
  2. Banyak teknologi yang telah menerapkannya sehingga dapat digunakan dengan perangkat lainnya seperti pertukaran data dari komputer ke handphone maupun sebaliknya.
  3. Dapat dimanfaatkan untuk koneksi perangkat (hardware) tertentu seperti game-game multiplayer tertentu ataupun mouse dan keyboard.
  4. Dapat melakukan semua pekerjaan yang biasa dilakukan menggunakan kabel data seperti sinkronisasi kontak, pesan maupun pertukaran data
Sedangkan kekurangannya adalah:
  1. Transfer pada perangkat blutooth dengan merk / seri dari bluetooth berbeda terasa lebih lambat. Seperti jika pertukaran data antara HP Samsung dengan NOKIA akan lebih lambat jika transfer sesama NOKIA itu sendiri.
  2. Kualitas pengiriman tergantung jarang. Semakin jauh jarak (max kurang dari 10m) maka kecepatan nya akan menurun.
  3. Walaupun jaringan bluetooth bisa menembus tembok tapi pengiriman akan sering terganggu apalagi dengan gangguan elektromaknetik lainnya.
  4. Kecepatan transfer yang tidak stabil.
  5. Seringnya ada penyebaran virus melalui bluetooth. Virus dapat mengirimkan diri sendiri melalui bluetooth tanpa diketahui pemiliknya.

2. Ultra Wideband (UWB)


Teknologi Ultra Wideband (UWB) dulunya dikembangkan untuk komunikasi dalam militer pada 1960an ini merupakan teknologi wireless yang sangat luas dan banyak digunakan saat ini. UWB memiliki kecepatan transfer yang relatif cepat dengan data rate berkisar sampai dengan 500Mbps. Sistem komunikasi ultra wideband sendiri telah diajukan oleh Federal Communication Commission (FCC) pada tahun 2002 untuk beroperasi pada spektrum frekuensi 3.1-10.6 GHz dengan maksimum power spectral density yang diijinkan sebesar -41.3 dBm/MHz. UWB beroperasi dengan kecepatan 100 kali lipat dari bluetooth dan diperkirakan akan menggantikan wi-fi.


Adapun kelebihan dari UWB sendiri adalah :
  1. UWB memiliki transfer rate yang cepat.
  2. Jaringan UWB dapat berkomunikasi dalam jarak jangkau yang relatif jauh sampai 10 meter serta menembus halangan seperti tembok, kardus dan sebagainya.
  3. Sangat cocok digunakan untuk multimedia streaming karena kecepatannya.
  4. Dapat melakukan multikoneksi yaitu koneksi lebih dari satu secara bersamaan.
Sedangkan kelemahan dari UWB itu adalah :
  1. Untuk saat ini masih sedikit perangkat yang menggunakan teknologi ini namun banyak perusahaan perangkat keras yang mulai beralih dan mulai menggunakan teknologi UWB.
  2. Masalah keamanan yang belum pasti dan mempunyai banyak celah.
  3. Kecepatan transfer masih tergantung jarak yang apabila jarak semakin jauh maka akan menyebabkan menurunnya kecepatan transfer.
  4. Harga yang cukup mahal dengan ukuran yang relatif lebih besar.
Sumber:
hicow.com
ittelkom.ac.id
wikipedia.org
telekomui.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar