Sabtu, 28 Januari 2012

m-Restaurant vs m-Tiketing

Perkembangan teknologi e-Commerce sudah sangat pesat. Untuk sekarang ini kegiatan e-Commerce tidak hanya dilakukan melalui jaringan internet di komputer bahkan sampai merambat ke mobile phone yang disebut sebagai m-Commerce.
Mengingat kemudahan dan banyaknya penggunaan perangkat mobile yang sangat efisien dan dapat digunakan kapan dan dimana saja, maka banyak perusahaan maupun entrepreneur mulai melirik teknologi m-Commerce untuk mengembangkan bisnis mereka. m-Commere memberikan kemudahan bagi pelanggan/customer untuk melakukan transaksi, pembelian, maupun pembayaran hanya dengan menggunakan telepon genggam mereka.
Berikut saya akan mencoba memberikan dua ide yang memiliki peluang yang cukup besar dalam penerapan m-Commerce. Apa saja itu? Silahkan di simak:








1. m-Restaurant





Penikmat kuliner akan sangat dimanjakan jika adanya m-Restaurant. Jika dengan telepon genggam mereka seorang turis dapat mengetahui restoran sesuai selera mereka dalam lingkungan yang dikunjungi hanya mengakses melalui internet. Apalagi bisnis ini digabungkan dengan teknologi GPS (Global Positioning System) sehingga apabila kita/ turis mengunjungi suatu daerah maka m-Restaurant ini akan menunjukkan restoran khas daerah yang pertama kali dikunjungi dari alamat, peta sampai pemesanan langsung melalui mobile tersebut dengan bekerja sama dengan restoran-restoran tersebut.
Menu, Informasi, Lokasi, dan Pemesanan mengenai makanan akan dapat diperoleh jika adanya m-Restaurant ini. Restoran-restoran lokal maupun luar dapat memasang iklan atau promosi guna menarik pengunjung. Ini akan membantu mengembangkan bisnis restoran lokal dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.
Salah satu fitur yang tidak kalah penting jika ingin membangun ini adalah fitur pencari makanan. Misalnya seorang penggila sate mengetikan "SATE" ke dalam mesin pencari yang disediakan. Maka sejumlah restoran yang menyediakan makan sate terbaik (dengan diberikan rating) serta tempat makan sate terdekat menggunakan fitur GPS ditampilkan sebagai hasil pencarian tersebut. Dengan begitu dia dapat mengunjungi serta memilah restoran terbaik yang pas sesuai keinginannya. Atau memesan tempat langsung maupun pesan antar melalui menu yang telah disediakan dalam fitur ini.

2. m-Tiketing
Rusuh : Pembakaran loket penjualan tiket






Penjualan tiket / karcis di Indonesia sangat tidak teratur. Selain banyak calog-calog ilegal yang mejual tiket dengan harga di atas standar juga antrian yang sangat kacau. Ketidak teraturan yang menjadi tradisi menyebabkan penjualan tiket/ karcis baik menonton pertandingan sepak bola, bioskop, sampai tiket kereta dan pesawat menjadi berantakan.
Jika diterapkan m-Tiketing mungkin akan menghindari masalah tersebut. Pembelian tiket dilakukan melalui mobile. Banyak pekerja/karyawan yang biasanya sibuk atau memiliki kegiatan/rutinitas akan merasa malas untuk antre. Jika dengan adanya m-Tiketing, mereka dapat melakukan pembelian tiket hanya melalui telepon genggam mereka. Bahkan pada kasus tertentu seperti tiket menonton bioskop sampai dengan pemilihan tempat duduk. Hal ini jelas dapat meningkatkan kemudahan serta efisiensi dan meningkatkan penjualan tiket tersebut. Masyarakat tidak perlu lagi mengantri untuk membeli ataupun membeli melalui calog-calog ilegal. m-Tiketing ini sangat cocok diterapkan untuk beberapa kasus seperti itu.
Melihat jadwal penerbangan, jadwal tayang, jadwal pertandingan, harga tiket nya serta informasi lainnya juga di berikan dalam m-Tiketing.
Atau hanya dengan berfokus pada satu bisnis seperti tiket penerbangan saja yang hanya menjual tiket penerbangan serta bisa menentukan tempat duduk sesuai keinginan.

Semoga ide ini dapat memberikan dorongan dan pembangunan m-Commerce ke depannya serta entrepreneur baru atau pun mempermudah perusahaan tersebut.
Pembangunan melalui mobile!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar