Kamis, 29 Maret 2012

E-Grocer

Grocery
Apa itu e-Grocer?
e-Grocer atau yang lebih dikenal dengan e-Grocery terdiri dari 2 kata yaitu "e" yang merupakan singkatan dari "Electronic" dan Grocery. Grocery adalah toko kelontong yang biasanya menjual pangan kering seperti rempah-rempah, lada, gula, teh maupun kopi. Jadi e-Grocery adalah toko yang menjual keperluan-keperluan pangan seperti rempah, sayur, tomat, lada, minyak goreng dan sejenisnya melalui media Electronic yaitu Perangkat Komputer maupun Perangkat Mobile yang diakses melalui jaringan Internet.

e-Grocery adalah istilah untuk industri grocery online, dimana pelanggan dapat melakukan pemesanan, memilih dan membayar belanja mereka secara online. e-Grocery merupakan revolusi belanja dimana biasanya setiap hari kita harus memaksakan diri untuk belanja di pasar tradisional sekarang dapat berbelanja di rumah hanya dengan sekali klik. E-Grocer biasanya menawarkan makanan segar yang tahan lama dan proses pengirimannya juga berbeda. Selain sayuran ada juga e-Grocer yang menawarkan kebutuhan rumah tangga lainnya seperti bedak, atau kebutuhan bayi. Barang yang dijual di e-Grocer tidak lah begitu berbeda jauh dengan yang biasa di jual di supermarket atau department store di kota-kota. Ada e-Grocer yang menawarkan pengiriman secara langsung atau dapat dipesan terlebih dahulu yang akan dikirimkan sesuai keinginan konsumen.
Cara pembayaran yang ditawarkan masing-masing e-Grocer pun bervariasi. Ada yang harus melakukan pembayaran terlebih dahulu, ada pula yang pembayaran dilakukan di tempat setelah barang diterima.


Contoh e-Grocer?
Contoh e-Grocery di Indonesia adalah: indomerchant
IndoMerchant
Akan tetapi items yang ditawarkan masih lah sangat sedikit, e-Grocery lain yang menawarkan makanan Indonesia adalah seperti indonesianfoodmart
IndonesianFoodMart.com
Sedangkan di Negara lain sudah banyak e-Grocery yang menawarkan produk yang cukup beragam dan dengan user interface yang sangat menarik. Salah satu contoh adalah http://www.egrocer.com.sg/  yang menawarkan Grocery di Negara Singapura.
EGROCER ini menawarkan produk yang tidak hanyak grocery tapi juga berkembang sehingga tidak bedanya dengan supermarket yang menawarkan perlengkapan rumah tangga lainnya. EGROCER Singapura ini menggunakan sistem pembayaran yang cukup lengkap dalam website e-Grocery yaitu selain pembayaran melalui transfer bank, dapat juga melakukannya ketika barang di antar ke tempat pemesan. Barang yang tersedia juga sangat banyak sehingga banyak pilihan dan menarik customer.
Sedangkan e-Grocery lain yang besar dan cukup dikenal adalah TopGroceries, SafeWay, dan TESCO yang merupakan e-Grocery terbesar di Inggris :

TopGroceries
SafeWay
TESCO
e-Grocery ini semakin berkembang sehingga tidak hanya grocery atau fresh food yang ditawarkan, website-website ini mulai menambah jenis yang ditawarkan seperti peralatan elektronik maupun pakaian. Masih banyak e-Grocery yang telah berkembang saat ini yang tidak dapat penulis tuliskan. E-Grocery ini kebanyakan berkembang di luar negeri, sedangkan untuk negara Indonesia masih sangat sedikit yang menawarkan grocery bahkan e-Grocery Indonesia malahan menargetkan pasarnya untuk negeri luar.

Perkembangan E-Grocer ke depannya?
e-Grocer / e-Grocery di beberapa negara seperti Inggris dan Singapura telah berkembang menjadi perusahaan yang menghasilkan laba miliaran rupiah. Banyak e-Grocery yang mulai bermunculan dan terus berkembang setiap harinya sehingga e-Grocer dapat menjadi bisnis yang sangat menjanjikan di negara tersebut. Akan tetapi pada negara kita (Indonesia), e-Grocery masihlah sangat sedikit bahkan e-Grocery yang ada menargetkan negara lain sebagai pasar mereka dengan menawarkan makanan/rempah Indonesia yang cukup unik dan enak. Hal ini dikarenakan kurangnya kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap toko online dan juga minimnya pengetahuan mengenai jual-beli di dunia maya ini. Hal lain yang cukup mengekang perkembangan e-Grocery kedepannya adalah kultur budaya Indonesia yang masih tradisionalisme sehingga masyarakat cenderung untuk memilih langsung berbelanja ke pasar tradisional dibandingkan e-Grocer yang bahkan produknya tidak terlihat secara fisik. Oleh sebab itu, untuk mengembangkan e-Grocer di Indonesia merupakan tantangan yang cukup dan memiliki perkembangkan yang cukup lambat dibanding penjualan produk jenis lain.
Sedangkan di negara maju, banyak ibu rumah tangga yang memiliki kesibukan yang cukup tinggi mulai beralih menggunakan e-Grocer karna lebih efesien dan cepat, sehingga e-Grocer berkembang dengan cukup cepat akan tetapi masih terhadang oleh kekhawatiran akan kesegaran sayur/makanan yang ditawarkan. Akan tetapi karena masih sangat sedikit perusahaan e-Grocer maka bisnis ini dapat dijadikan pertimbangan untuk kedepannya!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar