Selasa, 10 April 2012

Starbucks Online Market Research


      Meminum kopi setiap hari telah menjadi kebiasaan sebagian besar masyarakat di dunia. Kopi telah menjadi sebuah tradisi.Dari situ lah ide dibangunnya sebuah kedai kopi Starbucks yang kemudian menjadikan mereka kedai kopi terbesar di dunia. Starbuck menjual kopi, minuman panas, minuman dingin serta makanan ringan sampai dengan biji kopi dengan kualitas terbaik yang kedainya mencapai 19.435 yang tersebar di 58 negara.

Starbucks pada awalnya menargetkan pasar konsumennya untuk kalangan orang bisnis yang memiliki kesibukan cukup tinggi. Akan tetapi sekarang ini Starbucks telah menjangkau hampir seluruh lapisan masyarakat. Seiring dengan perkembangan zaman, Starbucks bahkan sudah mulai memasuki pasar penjualan secara online dalam website yang memberikan informasi kepada konsumennya.
Selain melakukan pemasaran brand mereka melalui media Social seperti Twitter, Facebook dan Youtube, mereka juga membuat beberapa riset diantaranya adalah:
  • My Starbucks Ideas
 
http://mystarbucksidea.force.com/
 Dalam Website Starbucks sendiri untuk jaringan sosial, mereka pernah meminta pelanggan untuk berbagi ide tentang apapun yang berhubungan dengan Starbucks. Situs ini memberikan hak akses pengguna untuk melihat ide-ide apa yang orang lain sampaikan, melakukan voting terhadap ide-ide tersebut sampai memeriksa hasilnya. Situs ini merupakan aspek penting dan sangat brilian dari strategi Starbucks melalui media sosial. Pengguna yang merupakan bagian ini merasa bahwa mereka memiliki beberapa peran dalam proses pengambilan keputusan perusahaan itu dan membuat mereka merasa bagian dari Starbucks.
Hal ini bertujuan mengembangkan inovasi terhadap produk mereka, mengetahui keinginan dari pelanggan mereka serta membuat pelanggan lebih dihargai yang dapat meningkatkan loyalitas mereka terhadap perusahaan.
  • Blog Starbucks yang berjudul "Ideas in Action"
Blog ini ditulis oleh berbagai karyawan Starbucks dan berbicara tentang apa yang Starbucks lakukan dengan ide-ide yang diberikan pengguna dalam My Idea Starbucks. Blog ini memberikan informasi tetang apa yang akan dilakukan Startbucks dengan ide-ide mereka dan meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap merk Starbugs. Starbugs telah menciptakan sebuah dialog digital dengan pelanggan yang memungkin mereka memberikan umpan balik atau respon ke Starbucks. Dengan ini Starbucks ingin menunjukkan kepada pelanggan dan pelanggan yang potensial bahwa "hey, we care about what YOU have to say - hey kami peduli tentang apa yang ANDA katakan".
  • Starbucks Card Mobile

Starbucks mencoba memanjakan pelanggan mereka dengan memberikan mereka kemudahan dalam membeli produk mereka serta melakukan pembayaran secara online melalui telpon genggam mereka. Hal ini mereka lakukan di Seattle, Northern California, New York dan 1.000 Starbugs lainnya yang tersebar di Amerika sebagai test pemasaran. Perangkat mobile mereka sudah dapat digunakan sebagai dompet dimana mereka dapat melakukan pembayaran hanya dengan scanning barcode yang terdapat pada id dalam Starbucks Card Mobile mereka. Konsumen akhirnya berhasil beradaptasi dengan teknoli ini dalam test pemasaran ini dan sekarang lebih dari 3 juta pelanggan mereka telah melakukan pembayaran melalui smartphone mereka. Mereka memberikan banyak hadiah dan bonus untuk program ini.
  • Starbucks VIA Taste Promise

 Beberapa pekan terakhir ini, Starbucks mengeluarkan produk terbaru mereka yaitu Starbucks VIA. Untuk melakukan riset ketertarikan  dan pendapat mereka tentang produk ini, mereka melakukan pengisian form secara online tentang pendapat tersebut. Dengan mengisi form tersebut pelanggan yang telah mencoba Starbucks VIA akan mendapatkan hadiah 1(12oz) bag of Starbucks® House Blend ground coffee yang berakhir pada tanggal 30 Juni 2012. Dengan riset pasar ini mereka dapat mengetahui bagaimana produk mereka di mata masyarakat.

Komentar
Market Research - Riset Pasar merupakan strategi yang tidak boleh dilewatkan oleh perusahaan. Dengan adanya riset pasar perusahaan akan dapat memahami pelanggan, meningkatkan penjualan serta menjaga loyalitas pelanggan mereka. Riset Pasar secara online tentu saja lebih mudah karena selain murah, pelanggan dapat berekspresi dengan bebas sesuai keinginan konsumen. Selain itu, pelanggan dapat mengikuti dan berpartisipasi karena tidak terbatas tempat dan waktu.
Perusahaan juga dapat menentukan strategi selanjutnya dengan adanya market research ini. Tanpa perlu menyebarkan brosur serta dapat meningkatkan image dari perusahaan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar